Sunset

Sunset

Untuk kebanyakan penggemar astronomi, salah satu  tempat wisata adalah menyaksikan matahari terbenam di bawah cakrawala langit ketika malam akan tiba. Tapi matahari terbenam, seperti matahari terbit, menawarkan kenikmatan visual tersendiri. Perubahan warna langit karena matahari mendekati cakrawala, dan selama senja berlangsung, dapat menarik skygazers (pecinta fenomena langit) sebanyak seperti saat malam hari.

Langit siang hari di bumi terlihat biru karena molekul-molekul udara di atmosfer kita paling efektif menyebar panjang gelombang biru. Karena matahari mendekati horizon (cakrawala), sinar matahari melewati molekul-molekul udara lebih banyak. Oleh karenanya panjang gelombang biru yang tersebar akan habis, dan yang tersisa adalah panjang gelombang merah atau oren. Inilah yang menjadi karakteristik warna matahari ketika terbit dan terbenam.

Ketika matahari mendekti horizon, kita akan lebih sering melihat matahari seperti bola kemerahan kembung yang seakan-akan terjepit. Itu efek lain dari atmosfer bumi. Cahaya yang datang dari bagian bawah matahari melewati udara lebih banyak, dengan demikian akan lebih dibelokkan dari cahaya yang datang dari bagian atas matahari. Hasilnya piringan matahari bagian atas dan bagian bawah akan terlihat lebih dekat daripada biasanya, dan bagian tengahnya terlihat meluas.

Seperti sorotan sinar matahari, pilar matahari (sun pillar) menunjukan demonstrasi lain apa yang bisa dilakukan kristal es. Ketika udara tenang dan matahari terletak di dekat horizon, sisi datar dari kristal es di bawah atau di atas matahari membiaskan sinar matahari. Terkadang pengamat dapat melihat pilar matahari di atas matahari, dan bahkan hal tersebut bisa terjadi ketika matahari berada di bawah horizon. Karena kristal es memantulkan sinar matahari, warna pilar yang muncul sama dengan warna matahari.

Ketika senja semakin dalam, warna langit terkadang terlihat lebih kuat. Awan pada waktu itu tidak berarti akan membatalkan pengamatan langit malam hari. Karena udara yang semakin dingin setelah matahari terbenam, awan-awan tesebut akan menghilang. Jika ada even yang akan Anda lihat, jangan biarkan awan-awan sekitar matahari terbenam mencegah Anda.

Sumber: Teach yourself VISUALLY Astronomy

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s