Konjungsi

Konjungsi

 

Hampir setiap bulan, Anda dapat menghitung fenomena Bulan melewati atau menutupi sebuah planet yang terang. Bulan mengelilingi bumi sebulan sekali, tapi planet-planet memerlukan waktu yang lebih lama. Jadi, selama Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus terlihat, planet-planet tersebut menerima kunjungan bulanan, yang disebut konjungsi. Masing-masing planet mengelilingi langit dengan kecepatan yang berbeda, dan sedikit demi sedikit saling mendekat. Konjungsi terbaik biasanya melibatkan dua planet terang, yaitu Venus dan Jupiter.

 

Konjungsi planet paling spektakuler selalu melibatkan Venus dan Jupiter. Karena kedua planet tersebut adalah dua planet paling terang – merupakan dua titik cahaya paling terang di langit – planet ini menarik perhatian orang setiap kali kedua planet ini lewat berdekatan satu sama lain. Dalam semua konjungsi, Anda dapat membedakan kedua titik cahaya ini karena Venus bersinar lebih terang.

 

Jika konjungsi dua planet bagus, maka tiga planet pasti lebih bagus. Pada 27 juni 2005, Venus dan Merkurius terletak sangat dekat satu sama lain dan hampir terlihat bersatu. Venus adalah yang paling terang daripada terangnya merkurius. Sebagai bonusnya, Saturnus terletak 20 dibawah Venus dan Merkurius. (dua bintang terang Gemini, Castor dan Pollux, terletak disebelah kanan ketiga planet diatas.) Sedemikian jarang konjungsi planet yang sangat dekat terjadi, cukup untuk membuat Anda tetap mengamatinya.

 

Sebuah bulan sabit menambah drama langit malam setiap kali melewati planet yang terang. Disini, bulan sabit yang semakin menurun terletak tepat di bawah Venus, dengan Merkurius bertengger lebih tinggi lagi. Karena Venus dan Merkurius tidak akan pernah terletak berlawanan dengan Matahari di langit kita, Bulan akan selalu sabit ketika melewati palnet dalam. Planet luar tidak mempunyai batasan seperti fase bulan. Sayangnya, sorotan dari Bulan cembung atau Bulan purnama akan mengurangi pemandangan tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s