Constellations and Asterisms

Constellations and Asterisms

Ketika langit mulai gelap, bintang-bintang mulai bermunculan satu per satu. Tak lama, Anda akan mulai membayangkan pola yang dibentuk bintang-bintang itu. Di musim semi, the Big Dipper naik tinggi. Ketika musim panas dan gugur, the Summer Triangle muncul. Tapi dari semua pola tersebut bukanlah konstelasi. Daripada itu, pola-pola tersebut adalah asterism– kelompok bintang-bintang yang dapat dikenali di dalam sebuah konstelasi atau kombinasi beberapa konstelasi. Konstelasi itu sendiri terdiri dari lebih banyak bintang, seringnya dengan pola bintang-bintang itu sendiri.

the Summer Triangle

Asterism The Summer Triangle terdiri dari tiga bintang terang- Vega, Altair, dan Deneb, yang menurun kecerlangannya- dari tiga konstelasi yang berbeda. Masing-masing adalah bintang paling terang dari konstelasinya, tapi tidak ada hubungannya dengan bintang-bintang lain kecuali pada kecerahannya dan letak relatifnya. Kesemuanya itu menandakan asterism, tetapi bukanlah konstelasi.

 

Konstelasi

Pola konstelasi biasanya mencakup juga bintang redup dari yang Anda temukan pada asterism. Sebagai contoh, Vega terletak di konstelasi Lyra the Harp, dimana bentuk utamanya terdiri dari empat bintang yang membentuk jajaran genjang. Deneb menandakan ekor Cygnus the Swan,  dimana kedelapan bintangnya benar-benar menyerupai seekor angsa yang terbang ke selatan sepanjang Milky Way (Bimasakti) atau asterism yang lain, yang dikenal dengan Salib utara. Dan Altair mendominasi kelompok sembilan bintang yang dikenal dengan Aquila the Eagle.

 

the Sky

 

Pada malam yang terang dengan latar belakang gelap, Anda akan segera menyadari lebih banyak bintang yang mengisi langit daripada yang membentuk pola konstelasi. Apakah bintang-bintang ini benar-benar bintang mandiri yang tidak masuk anggota konstelasi? Tidak, Para astronom telah membagi seluruh langit menjadi 88 konstelasi. Setiap bagian yang ada pada konstelasi itu dicatat. Bahkan bintang yang nyaris tak terlihat dengan teleskop, dan mungkin hanya dengan nama katalog, terletak pada konstelasi (rasi) yang sama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s